Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pemprov Kaltara Terima Dana Insentif Rp 7,5 Miliar

SAKIP Raih Predikat BB, Kaltara Terbaik IV di Wilayah

0 304

0F4A8364 471F 4350 B545 7DAA0D138359TANJUNG SELOR – Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemenpan-RB) pada 2019, memberikan penilaianBB atau sangat baik kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Atas capaian tersebut, Pemprov Kaltara mendapatkan penghargaan dari Pemerintah. Tak hanya itu, Pemprov juga akan menerima reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 7,5 miliar.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitasi Aparaturdan Pengawasan Kemenpan-RB, Provinsi Kaltaraberhak mendapatkan DID sebesar Rp 7,5 miliar, atas keberhasilannya meraih predikat BB untuk hasil evaluasi SAKIP. Pemberia dana insentif kepada peraih SAKIP BB tersebut, tertuang dalamPeraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor141/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Insentif Daerah, terang Irianto.

Dijelaskan, Pemprov Kaltara masuk dalam wilayah II. Di wilayah ini, ada 161 pemerintah kabupaten/kota dan provinsi. Sesusai hasil  evaluasi SAKIP 2019, Kemenpan-RB memberkan penilaian B kepada 4 Pemprov di wilayah II. YaituKalimantan Tengah (Kalteng), Nusa Tenggara Timur (NTT), Lampung, dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Sementara Pemprov peraih predikat BB, antara lain Nusa Tenggara Barat (NTB), Kaltara, DKI Jakarta, Kalimantan Timur (Kaltim) dan Bali. Dan, Pemprov peraih predikat A yakni Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Jawa Timur (Jatim).

Dilihat dari capaiannya, maka untuk regional Kalimantan, urutan peringkat predikat LHE SAKIP 2019 adalah Kalsel (A), disusul Kaltara (BB), Kaltim (BB), Kalbar (B) dan Kalteng (B). “Secara untuk wilayah II, Kaltara merupakan nomor 4 terbaik setelah Kalsel, Jatim, dan NTB,” terangnya.

Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kinerja seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) dan jajaran di lingkungan Pemprov Kaltara. Hasil evaluasi tahun 2019, Provinsi Kaltara meraih Predikat BB. Artinya, ada peningkatan dari tahun sebelumnya. di mana pada tahun 2018 lalu, SAKIP Provinsi Kaltara meraih predikat B, lanjut Irianto.

Gubernur mengatakan, Pemprov Kaltara sangat mendukung upaya Kementerian PAN-RB dalam melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP. Hal tersebut guna mengukur perkembangan implementasi SAKIP, serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

“Penghargaan SAKIP dengan predikat BB merupakan sebuah kebanggaan. Ada peluang bagi Kaltara untuk memperbaiki predikatnya dari BB menjadi A. Ini karena Kaltara, implementasi SAKIP-nya terus meningkat dan membaik dari tahun ke tahun,” tutup Gubernur. (humas)

Comments
Loading...