Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

KPU Kaltara Gelar Sosialisasi di KTT Menyambut Pilkada Serentak

0 365

TANA TIDUNG – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, KPU Provinsi Kaltara gelar sosialisasi untuk pertama kalinya di daerah Kabupaten Tana Tidung (KTT). Dengan mengangkat tema “Pendidikan Pemilih dan Touring Pilkada Tahun 2020”.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari dengan dua agenda ini, dimulai dengan kegiatan pertama dengan membagikan selebaran kepada warga di Tideng Pale, KTT. Kemudian adanya Ajakan KPU untuk masyarakat agar ikut andil dalam pesta demokrasi yang dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Selain itu, selama kegiatan berlangsung pihaknya ditemani dengan badut maskot Pilkada Kaltara yakni Ega. Kegiatan itu dihadiri juga ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al-Islami.

Pada malam harinya, acara yang digagas  Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Haryadi Hamid, berlanjut di salah satu gedung pertemuan di daerah dengan belasan ribu pemilih itu. Hadir sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda serta puluhan warga lainnya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan sosialisasi pemilihan, sekaligus Tugas di lapangan yang dilakukan oleh teman-teman PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) kami kuatkan dengan turun langsung berkeliling di empat kabupaten,” kata Ketua KPU Suryanata Al-Islami, Minggu (2/8) malam.

Selain itu, sosialisasi yang dilaksanakan pada tahun ini memang merupakan tantangan baru bagi pihaknya, lantaran pelaksanaannya dilakukan di tengah pandemi covid 19.Oleh karena itu, peran para tokoh sangat penting dalam mendukung suksesnya kontestasi politik di di Bumi Benuanta-sebutan lain Kaltara.

“Dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pilkada ini. Harapan kami dapat mempertahankan partisipasi pemilih, tidak hanya secara kuantitas tapi juga kualitas,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua KPU Tana Tidung Hendra Wahyudhi, pada Pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi di KTT mencapai 80 persen. Ia menargetkan, setidaknya angka tersebut masih bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

“Memang partisipasi 80 persen (2019) tantangan tersendiri. Apalagi dimasa pandemi, kemungkinan sebagian masyarakat mengalami ketakutan. Makanya kami mempertajam sosialisasi terutama di pelosok,” tambahnya.

Sementara itu, dalam setiap acara yang digelar KPU, tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19. Sebagaimana atensi KPU RI, selain memberikan pendidikan pemilih, penyeleggara juga diminta menjadi contoh bagi masyarakat dalam mencegah penularan virus corona. (rk-3)

Comments
Loading...