Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Sosialisasi KPU, Pastikan Warga Sudah Terdaftar Sebagai Pemilih

0 366

MALINAU – Memasuki hari ke empat, KPU Provinsi Kaltara gelar sosialisasi di Kecamatan Mentarang, Desa Pulau Sapi, Kabupaten Malinau, Rabu (5/8).

Kegiatan ini berlangsung dengan membagikan brosur kepada masyarakat di sore harinya. Dengan ditemani  maskot Pilkada Kaltara si Ega, untuk memeriahkan kegiatan sosialisasi tersebut. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan konvoi dari Desa Lidung Kemenci, Long Liku, Temalang, Long Bisai, dan Long gadis hingga jelang petang.

Di malam harinya, kegiatan dilanjutkan di Balai Adat Desa Wisata Pulau Sapi, agar lebih nyaman melakuakn sosialisasi. Namun selama pandemi covid-19, pihaknya tetap melaksanakan kegiatan sosialisasi sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Melihat kondisi tadi, saya harap partisipasi pemilih di sini meningkat, apalagi antusias masyarakat di sini sangat hangat menyambut kami, ” Tutur Komisioner KPU Kaltara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Teguh Dwi Subagyo.

Kemudian, sosialisasi ini juga bertujuan agar masyarakat lebih tahu pemahaman politik yang baik dalam pesta demokrasi tahun ini. Terlebih peran aktif masyarakat dalam memilih pemimpin untuk menentukan masa depan kepala daerahnya.

“Selain partisipasi, sosialisasi ini juga bertujuan untuk memastikan masyarakat agar terdaftar sebagai pemilih dan datang ke TPS pada saat pencoblosan, ” Ungkapnya.

Sementara, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Gamaliel Hirung Ding, menerangkan saat ini pihaknya sedang melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih. Melalui pencocokan dan penelitian (Coklit), warga di Mentarang khususnya terdata dengan benar.

“Tidak lupa juga, masyarakat yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini, agar bisa menyampaikan materi yang diberikan kepada keluarga, kerabat, dan lainnya agar ikut memilih pada pilkada 2020 mendatang, ” Ujarnya.

Ia berharap melalui pendidikan pemilih ini bisa meningkatkan dan mendorong masyarakat turut andil meramaikan pesta demokrasi, dalam pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang. (rk-3)

Comments
Loading...