Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Hasan Basri Salurkan Beasiswa PIP 16.000 Lebih Kepada Siswa di Kalimantan Utara, HB : Tidak Ada lagi Alasan anak di Kaltara Putus Sekolah

0 526

RajawaliKaltara.com, Sebatik – Ketua Komite III DPD RI asal Kalimantan Utara sejak tahun 2020 hingga saat ini (2023) telah menyalurkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) ke 16.000 (enam belas ribu lebih) siswa yang tersebar di Kalimantan Utara.

Bantuan beasiswa disalurkan untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan Kuliah.

Bantuan tersebut, telah menggelontorkan dana miliaran rupiah, yang berasal dari pagu anggaran PIP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang merupakan mitra kerja dari Komite III DPD RI.

Pada saat penyerahan beasiswa PIP di SMP Islam Terpadu Al Huda Sebatik.

Rustiningsih selaku Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Al Huda Sebatik menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Ketua Komite III DPD RI atas bantuan beasiswa yang diberikan.

Pemberian Beasiswa PIP ini bukanlah yang pertama kalinya diberikan oleh Senator Muda asal Kalimantan Utara Hasan Basri kepada siswa/i, mahasiswa/i di Kalimantan Utara, yang mana pada tahun sebelumnya, HB telah memberikan Beasiswa PIP.

Hasan Basri yang akrab disapa HB mengungkapkan bahwa tahun ini beasiswa yang disalurkan kepada siswa/i, mahasiswa/i naik berkali-kali lipat dibandingkan dari tahun.

“Tahun ini bukanlah yang pertama saya memberikan beasiswa PIP. Ini sudah tahun yang kesekian kalinya,.” Ungkapnya.

Masih di kegiatan yang sama, penyerahan beasiswa PIP melalui jalur aspirasi HB di SMP Islam Terpadu Al Huda Sebatik, Hasan Basri mengungkapkan pada setiap penyerahan beasiswa tersebut, HB menjelaskan mekanisme pengurusan beasiswa, aktivasi rekening dan lain sebagainya.

Pihaknya juga terus melakukan pendampingan pada wali murid penerima beasiswa yang mungkin mengalami kesulitan dalam proses pengurusan.

“Insyaallah bulan Juli ini beasiswa PIP dapat dicairkan sebanyak 4500 beasiswa. Disini, kita tidak hanya selesai pada sosialisasi dan penyerahan, tapi sampai pada pencairan,” Jelas Hasan Basri.

“Kita pastikan tidak ada potongan apapun dan dari siapapun,” lanjutnya, di depan siswa penerima beasiswa PIP jalur aspirasi, Senin (17/7/2023).

Senator Hasan Basri, Pejuang Masyarakat di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.

Dia menambahkan, penyaluran beasiswa tersebut dilaksanakan untuk membantu program pemerintah pusat, yakni wajib belajar 12 tahun. Juga untuk menyiapkan Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

“Selain itu untuk menjalankan amanah undang-undang bahwa setiap masyarakat berhak mendapatkan pendidikan dan memutus mata rantai anak putus sekolah,” terang Hasan Basri.

Hasan Basri yang akrab disapa HB menitipkan pesan kepada wali murid agar menggunakan dana beasiswa tersebut benar-benar untuk kepentingan pendidikan putra-putrinya.

“Tolong digunakan untuk kepentingan anak sekolah agar kedepan tidak ada lagi anak putus sekolah,” kata Hasan Basri.

“Anak-anak kita harus menjadi generasi penerus yang andal, karena di tangan merekalah masa depan bangsa kita. Mereka yang akan menggantikan saya dan kawan-kawan semua di sini,” tutur Hasan Basri.

Di Akhir kegiatan, Rustiningsih selaku Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Al Huda Sebatik, menyampaikan rasa hormat kepada Senator Hasan Basri, atas kepedulian terhadap pendidikan di daerah.

“Semoga dengan beasiswa yang disalurkan melalui Pak HB, dapat membantu dan meringankan beban bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya dan juga dapat mendorong semangat untuk mengejar cita-cita serta berdaya saing dalam dunia pendidikan,” harapnya.

“Kedepannya kita berharap akan ada lagi penambahan beasiswa-beasiswa yang disalurkan melalui Pak HB di sekolah ini,” tutupnya.

Sebagai informasi, agenda penyerahan dan penyaluran beasiswa PIP oleh Hasan Basri selanjutnya akan dilaksanakan di dibeberapa wilayah lainya daerah-daerah yang ada di Kalimantan Utara

Comments
Loading...