Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pengukuhan PD Bakomubin Se – Kaltara, Harap Bakomubin Hadir Sebagai Pemersatu Ummat dan Penyampai Pemahaman Agama Kepada masyarakat

0 392

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Pengurus Daerah Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (PD Bakomubin) Se – Kalimantan Utara resmi di kukuhkan sekaligus dirangkaikan dengan acara Silahturahmi kerja Wilayah Bakomubin Kaltara, Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Diamond, Kelurahan Gunung Lingkas Tarakan, Sabtu (23/09/23) dengan mengangkat tema “Merajut Ukhuwah, Menebarkan Kebaikan, Meracik Karya Untuk Kaltara Berubah, Maju dan Sejahtera kini dan akan datang”.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Wilayah Bakomubin Provinsi Kaltara, H. Zainuddin Al Amin didampingi Sekretaris Mukhlis Ramlan pada kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH. M.Hum, Ketua Majelis Ulama Indonesia provinsi Kaltara sekaligus Penasehat Bakomubin Kaltara Zainuddin Dalila, Serta seluruh Da’i, Muballigh dari berbagai organisasi islam yang ada di Tarakan.

IMG 20230923 142843 scaled
Sambutan Gubernur Kaltara Drs. zainal Arifin Paliwang, SH M.Hum pada acara pengukuhan dan Silahturahmi Bakomubin Provinsi Kalimantan Utara. Sabtu (23/09/23) Sumber Gambar : RajawaliKaltara.com

Gubernur juga turut bersyukur atas kehadiran Bakomubin di Bumi Benuanta. Menurutnya kehadiran wadah bagi para mubaligh akan menjadi jaringan komunikasi yang dapat memfasilitasi dan memperkuat kapasitas anggotanya sehingga kegiatan yang dilaksanakan lebih tertata dan terkoordinasi serta dapat menjadi bagian peran penting dalam menyukseskan pemilu 2024 di Kalimantan Utara.

“Semoga Bakomubin dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam menunjang program penguatan fondasi agama dan menyebarkan semangat moderasi beragama di Kalimantan Utara, karena sebentar lagi kita akan mengahadapi pemilu serentak tahun 2024 dari itu saya menghimbau agar kehadiran Bakomubin betul-betul menjadi peran penting bagi masyarakat terutama dalam hal menangkal terjadi nya berita Hoax” harap Gubernur Kaltara.

Pada kegiatan pengukuhan tersebut Mines pengurus PD Bakomubin Kabupaten Malinau, Hal tersebut disampaikan Gubernur kaltara dihadapan seluruh pengurus Bakomubin Se Kaltara siang tadi.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus Bakomubin se kalimantan utara, namun mines PD Bakomubin Kabupaten Malinau, karena disana terjadi musibah Banjir insya Allah sore ini saya akan menuju ke Kabupaten Malinau sekaligus membawa beberapa bantuan untuk saudara-saudara kita yang ada disana”, Beber nya.

Sementara Itu Ketua Umum Pengurus Wilayah Bakomubin Kaltara, Zainuddin Al Amin mengatakan bahwa Bakomubin ini merupakan sebuah lembaga ormas sebagai tempat berkumpul nya para Da’i serta mubaligh.

IMG 20230923 134316 scaled
Seluruh peserta dan pengurus Bakomubin se – Kaltara hadir siang tadi, Sabtu (23/09/23).

“Jadi kita di Bakomubin ini merupakan lembaga Organisasi Masyarakat (Ormas) sebagai wadah bagi para Da’i dan Muballigh lebih lanjut ia pertegas bahwa didalam kepengurusan Bakomubin baik di tingkat wilayah maupun Daerah semua nya di isi oleh para Da’i dan Muballigh yang tidak Radikal arti nya harus benar-benar memahami kita ini islam yang ada di indonesia bukan di Arab dari itu kita harus mengetahui ada nya Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945”, Tegas Zainuddin.

Kehadiran Bakomubin juga diharapkan menjadi kemaslahatan ummat untuk menyampaikan risalah islam yang sejuk, dan baik serta sebagai ujung tombak dalam ikut serta menyukseskan pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang,

“Inti nya adalah bagaiman kita merespon masalah-masalah keummatan dan kebangsaan agar menghimpun para Muballigh dan Da’i untuk mensenergiskan program untuk penguatan ummat kedepan, yang jelas keberadaan nya itu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Saya kira bukan hanya ummat islam tapi yang lain juga bisa merasakan karena kita bicara bukan soal agama tapi juga kebangsaan”, Kata Mukhlis Ramlan saat di temui awak media, Sabtu (23/09/23).

Tugas dari para Da’i dan Muballigh agar bisa menyampaikan berita atau informasi yang benar kepada masyarakat tentu sesuai dengan tuntutan yang ada didalam Al Qur’an.

“Tentu pemilu eskalasi nya sangat kencang berbagai informasi bisa saja masuk berita hoax, Fitnah ujaran kebencian hal yang bisa menjatuhkan orang, kemudian menghina segala macam, tugas kita menjadi baik untuk menyampaikan hal yang tidak benar, karena ada dua dalam Al Qur’an itu Fujurhoha Wataqwaha ada jalan yang Fujhur ada jalan yang taqwa maka tugas Muballigh disitu tidak boleh ada fitnah, kebencian karena begitu ada gesekan sedikit dalam situasi politik saat ini tentu akan mengemplentasikan secara cepat yang tidak bisa di pertanggungjawaban kan informasi nya dan itu yang rugi adalah ummat”, Pungkas Mukhlis Ramlan.

 

Comments
Loading...