Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Khairul Kantongi Rekomendasi Partai Demokrat untuk Pilwali Tarakan 202

0 11

WhatsApp Image 2024 05 24 at 09.32.37

JAKARTA – Partai Demokrat akhirnya mengeluarkan surat rekomendasi untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Tarakan 2024 kepada dr. Khairul, M.Kes, pada Rabu (22/05/2024). Khairul menerima surat rekomendasi tersebut dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, didampingi oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Tarakan, Herman Hamid.

Herman menyampaikan beberapa poin penting dalam surat tersebut. Selain menjadi dukungan resmi dari Demokrat untuk Khairul, surat tersebut juga memberi tugas kepada Khairul untuk menyelesaikan pemilihan nama wakil sebelum dapat mencalonkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui dokumen B1-KWK.

“Khairul diberikan waktu maksimal satu bulan untuk menentukan nama wakil. Setelah itu, dokumen akan kembali diserahkan kepada DPC, DPD Kaltara, dan DPP secara bertahap. Selain itu, Khairul juga diminta untuk menyelesaikan pembentukan partai koalisi melalui komunikasi yang telah dilakukan,” jelas Herman, seorang calon legislatif terpilih untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tarakan periode 2024-2029.

Herman menegaskan bahwa pembahasan mengenai nama wakil masih akan dilakukan bersama figur dan partai politik lainnya. Ia juga mengakui bahwa Demokrat, seperti yang terjadi lima tahun lalu, kembali menjadi partai pertama yang memberikan dukungan kepada Khairul.

“Ini merupakan kali pertama surat rekomendasi diterbitkan. Kami bersyukur karena dapat menyelesaikannya dalam waktu yang relatif singkat. Dua hingga tiga hari setelah proses di Jakarta, kami akan meningkatkan komunikasi lintas partai,” tambahnya.

Keputusan untuk mendukung Khairul didasarkan pada beberapa faktor. Pertama, Khairul adalah satu-satunya kandidat dari Demokrat yang mendaftar dalam penjaringan calon kepala daerah (cakada) untuk Pilwali Tarakan. Kedua, keputusan tersebut telah disetujui oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Kaltara. Ketiga, Khairul dianggap berhasil dalam kepemimpinannya di Tarakan dari tahun 2019 hingga 2024.

“Hal lain yang dipertimbangkan adalah keterikatan hubungan. Kami berharap Tarakan dapat lebih maju di masa depan,” tambahnya.

Herman juga menyatakan bahwa pembahasan mengenai wakil masih akan berlanjut. Kemungkinan besar, figur yang saat ini mencalonkan diri dalam Pilwali akan mendukung Khairul.

“Banyak kemungkinan. Hampir pasti delapan partai akan mendukung Pak Khairul. Ini adalah evaluasi yang rasional menurut kami,” tegasnya.

Comments
Loading...