Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Lantik Pengurus, FOBI Kaltara Siap Gelar Kejurnas

0 152

TARAKAN, rajawalikaltara.com – Dengan segudang prestasi yang diraih, Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kaltara, baru bisa melantik pengurusnya. Dalam kegiatan tersebut, tampak dihadiri pejabat daerah, diantaranya Wali Kota Tarakan, Sofian Raga dan Sekretaris Umum KONI Kaltara, Wiyono Adie.

Pengurus Besar FOBI Chandra Wurianto mengaku, pelantikan dengan masa periode 2015-2019 ini sebenarnya sudah lama direncanakan. Akan tetapi, pihaknya masih menunggu kesiapan pengurus FOBI Kaltara sendiri. “Ini sebenarnya sambungan dari Persatuan Olahraga Barongsai Indonesia (Persobarin) yang berpusat di Surabaya,” ujarnya saat ditemui di Hotel Royal Crown, Kamis (11/1).

Chandra kembali menerangkan, dengan adanya FOBI juga sebagai penunjang di KONI Kaltara untuk mengumpulkan federasi yang ada di Indonesia untuk bersatu dalam KONI. Selain itu, pengurus yang masih berjiwa muda diharap mampu membangkitkan semangat FOBI.

Dalam usulan yang dicanangkan Wali kota Tarakan untuk mengadakan event internasional di Tarakan, Chandra mengaku, akan melanjutkan event kejuaraan nasional (Kejurnas) tahunan di Surabaya lalu menggelar kembali di Tarakan. “Kesiapan ini tidak susah, yang penting dari Provinsi Kaltara, KONI serta pemerintah setempat cepat membesarkan olahraga ini,” tegas Chandra.

Menurutnya, potensi untuk meraih medali emas sangat mudah diraih FOBI Kaltara. Begitu juga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua nanti, dimungkinkan bisa meraih dua medali emas. “Setiap event, PSMTI barongsai Tarakan tidak pernah absen begitu juga dengan prestasinya,” beber pria berdarah Kalimantan ini.

Di sisi lain, Ketua FOBI Kaltara, Alung Tjandra mengungkapkan, Tarakan selalu siap berpartisipasi dalam kejurnas tersebut. Akan tetapi, semua tergantung dari kondisi pemain. “Kalau tidak ada halangan seperti cedera, pasti kami ikut. Tidak pernah kami tidak ikut,” paparnya.

Dilanjutkan Alung, di tahun 2018 ini, ada beberapa event yang akan diikuti, diantaranya event di Jakarta pada bulan Juli mendatang dan dilanjutkan di Surabaya. “Kalau barongsai yang bisa ikut ada 3 tim. Kalau event nasional ada FOBI dan Kaltara 1. Tapi event internasional hanya FOBI Kaltara,” kata Alung.

Disinggung mengenai pembentukan pengurus cabang (pengcab) di Kaltara, diakuinya sudah dibentuk di Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Bulungan. “Kan mereka (pengcab kabupaten) ingin berlatih di Tarakan, tapi tunggu dilantik dulu, baru saya kasih tahu caranya,” pungkasnya.(rk1)

Comments
Loading...