Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Ketua Komite III DPD RI, Berharap Pleno ISEI XXI-II Dapat Menghasilkan Terobosan dan Konektivitas Antar Wilayah

0 207

RajawaliKaltara.com, BENGKULU – Ketua Komite III DPD RI Hasan Basri menghadiri Sidang Pleno ISEI XXIII Seminar Nasional ISEI 2023 di Bengkulu, (15/9).

Hasan Basri mengatakan, berbagai isu strategis nasional dan daerah dibahas dalam Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) 2023, yang bertajuk “Peran ISEI memperkuat sinergi untuk ketahanan dan kebangkitan ekonomi menuju Indonesia maju”.

Menurutnya, dalam Seminar Nasional itu dibahas bagaimana tantangan-tantangan ke depan dan respon kebijakan apa yang diperlukan.

Diungkapkannya, terdapat lima isu yang merupakan tantangan yang perlu diantisipasi dalam lima tahun ke depan.

Pertama, sebutnya, perubahan siklus ekonomi dan keuangan global yang semakin cepat dan dapat menimbulkan risiko-risiko atas kerentanan.

Kedua, pergeseran pola sumber pertumbuhan ekonomi dunia yang dulunya dari Eropa dan Afrika bergeser tidak hanya ke China, Indonesia dan juga ke depannya ke India.

ketiga, perubahan demografi, di mana di Indonesia semakin tingginya peran kaum milenial yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi dan juga dalam berbagai kegiatan ekonomi.

Keempat, digeneralisasi, yang juga tidak hanya mempercepat pemulihan dari pandemi, tapi juga perlu diperluas untuk mendukung sumber pertumbuhan ekonomi.

Kelima, inklusi dan ekonomi hijau yang perlu direspon dengan baik,

Hasan Basri yang saat ini menjabat sebagai Bendahara ISEI Kota Tarakan Kalimantan Utara dalam presilisnya mengatakan, Seminar Nasional ini sangat strategis dan bermakna bagi kita semua, karena beberapa isu ekonomi daerah yang sangat strategis dapat dibahas.

“Kegiatan ini sangat positif sekali dan kami sangat mendukung hal itu dan berterima kasih dengan kegiatan ini,” tutur Hasan Basri.

Masih dalam kegiatan yang sama, Hasan Basri yang akrab disapa HB menyampaikan Keberadaan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) tidak hanya berperan aktif dalam pembangunan ekonomi nasional, akan tetapi juga merata di daerah.

Hasan Basri berharap dengan adanya kehadiran organisasi profesi ini akan memberikan terobosan dalam pembangunan ekonomi daerahnya melalui konektivitas antar wilayah.

Diketahui, kegiatan dihadiri Ketua Komite III DPD RI H. Hasan Basri, S.E., M.H., Wakil Menteri Keuangan, Wakil Menteri LHK, Deputi Bidang Kementerian Investasi, Ketua Umum PP Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Gubernur Bengkulu President PT. Visioner Internasional (OVO), Rektor Universitas Bengkulu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Sarjana, Kepala OJK Bengkulu, Perwakilan Kepala Perbankan Se-Provinsi Bengkulu dan Perwakilan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Seluruh Indonesia dan peserta seminar sekitar 300 orang.

 

Comments
Loading...