Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

KPU Tarakan Gelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS 4 Kampung Empat, 100 DPT Dilibatkan

0 93

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum 2024 di TPS 4 Kelurahan Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur, pada hari Minggu (28/01/24). Simulasi ini melibatkan 100 lebih Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berada di TPS 4.

Tujuan simulasi ini adalah untuk mengidentifikasi potensi kendala, melakukan mitigasi dini proses pencoblosan dan pemungutan suara, serta penghitungan suara.

“Jadi hari ini kita sudah melaksanakan simulasi, kita melibatkan pemilih riel artinya pemilih yang benar-benar berada di wilayah TPS ini, peserta yang kita libatkan ada 100 lebih,” jelas M. Taufik Akbar, Anggota Komisioner KPU Tarakan Divisi Teknis Penyelenggaraan, kepada awak media.

Dalam simulasi tersebut, masyarakat mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh KPU, mulai dari mengisi absen dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), hingga menerima lima jenis surat suara diantaranya, Surat Suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Surat Suara Pemilihan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Surat Suara Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Surat Suara DPRD Provinsi serta Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota

Taufik menyebut, simulasi ini juga diharapkan berfungsi sebagai alat sosialisasi bagi masyarakat. Sehingga nantinya saat hari H pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024, masyarakat akan lebih paham dan mengerti.

“Dengan adanya simulasi ini, kami berharap partisipasi masyarakat dalam menentukan pilihannya lebih peduli lagi. Kemudian, kami juga ingin melihat sebagai pembelajaran bagaimana petugas kami dapat menyelesaikan masalah jika ada kendala nantinya,” ujarnya.

Komisioner KPU Tarakan Divisi Teknis Penyelenggaraan, M. Taufik Akbar

Terkait hasil suara dari simulasi tersebut, Taufik menjelaskan bahwa pihaknya akan menggunakan sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

“Dalam perhitungan dari hasil simulasi ini nantinya, kami menggunakan aplikasi Sirekap. Outputnya nanti bisa kita lihat seperti apa hasilnya,” kata Taufik.

Simulasi ini merupakan langkah penting dalam persiapan KPU Tarakan untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 yang sukses dan demokratis.

 

 

Comments
Loading...