Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

IJTI Kaltara Usung Jurnalisme Positif Menuju Pemilu Damai 2024

0 290

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Jelang Pemilu 2024 mendatang, Ketua Pengurus daerah (Pengda) IJTI Kaltara, Usman Coddang mengatakan, pada selasa (19/09/2023). peran pers signifikan dalam penyajian informasi yang mencerahkan kepada masyarakat. Hal itu akan dilakukan melalui kampanye jurnalisme positif.

“Apa itu jurnalisme positif? kita akan membawa pesan jurnalisme yang damai untuk menghadapi Pemilu 2024. Yaitu melalui konten yang berkualitas, sesuai dengan kode etik jurnalistik,” kata Usman Coddang, Selasa (19/09/2023).

Menurut Usman Coddang, hal tersebut perlu dilakukan guna mencerahkan ruang publik dari gempuran informasi hoax. Peran jurnalisme positif akan menjadi penyeimbang informasi, sekaligus memberikan edukasi kepada

“Kalau kita lihat di media sosial khususnya, berbagai macam informasi dapat dengan mudah diakses. Disitulah jurnalisme positif hadir untuk mencerahkan, kita sampaikan melalui konten yang akurat, kredibel,” imbuh dia.

Dengan demikian masyarakat akan menerima informasi yang valid, dengan sajian konten yang mengedepankan sisi edukatif. Pada konteks Pemilu, media mainstream memiliki peran untuk penyajian konten yang memperkenalkan visi misi calon peserta Pemilu.

“Jadi narasinya bukan lagi soal ujaran kebencian, informasi hoax, atau konten yang sekedar sensasi. Melalui jurnalisme positif akan menyajikan konten tentang visi dan misi peserta Pemilu yang sesuai tantangan perkembangan hari ini dan ke depan,” ujar Usman Coddang.

Penyampaian konten dengan narasi damai hanya dapat dilakukan oleh jurnalis yang sudah kompeten. Dalam hal ini jurnalis yang telah lulus dan dinyatakan kompeten melalui Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) oleh Dewan Pers.

“Jurnalis memiliki tanggungjawab, karena tidak ada suatu amanah yang diemban tanpa disertai dengan tanggungjawab. Sebagai jurnalis kita mengemban amanah penting dalam pilar demokrasi. Tentu harus dibarengi dengan tanggungjawab dalam menyajikan informasi berkualitas,” pungkas Usman Coddang.

 

Comments
Loading...